Monday, November 1, 2010

Mobil Modifikasi - Sweety Yellow Toyota Ist - King Street Racing Clas Mild AAC Pekanbaru 2010

Tak sia-sia apa yang diperjuangkan oleh Muhammad Nur dengan merombak Toyota ist lansiran 2003-nya demi mengikuti ajang bergengsi Accelera Auto Contest 2010 di kota Pekanbaru beberapa saat lalu. Jauh datang dari kota Dumai akhirnya ia dan mobilnya berhasil dinobatkan sebagai The King Street Racing Accelera Pekanbaru.

Ukuran mungil dari mobil CBU Toyota ini telah disulap hingga sedemikian rupa sehingga memiliki daya tarik tersendiri yang cukup memikat banyak perhatian dari para kontestan maupun para pengunjung lainnya yang hadir dalam acara yang berlangsung di Mall SKA Pekanbaru. Maka pantas saja bila mobil ini mendapatkan salah satu gelar “Raja”.

Rubahan yang dilakukan David sapaan akrab Muhammad Nur pada Toyota ist nya mengacu pada tampilan mobil-mobil balap jalanan yang kental dengan aroma sportnya, namun untuk memberikan efek lainnya, David juga turut memboyong konsep utamanya, yaitu “sweety yellow”. “Tidak ingin terlalu ekstream yang semuanya berbau racing, maka pemilihan warna dipermanis dengan warna kuning cerah. Selain manis juga dapat menimbulkan efek eye catching,” ujarnya.

Awal pengarapan dipusatkan pada tampilan bodinya, mulai dari pemasangan perangkat bodi kit, spoiler, wing dan lain sebagainya yang menempel mulai dari bagian depan hingga belakang. Setelah itu, ia juga menambahkan beberapa ornamen lainnya seperti, head lamp projector, engel eyes, HID, model spion racing dan sebagainya untuk merubah tampilan standar ist nya. Tak hanya itu, David juga turut merubah sistemmatis pintu depan dari mobil berkapasitas 1500 cc ini dengan model scissors door alias model gunting yang dapat dibuka dan digeser ke atas. Lalu pelek berukuran 20” dari Lowenhard juga turut menjadi pilihan utama yang dikolaborasikan dengan karet bundar dari Toyo berukuran 245/50-20R. Makin terasa aroma racingnya…

Setelah dirasa beres dengan masalah tampilan, tinggal penerapan konsep sweety yellow yang diinginkan oleh David. Pemilihan warna memiliki ciri two tone alias dua warna, yaitu kuning cerah yang kemudian dipadu dengan warna putih sebagai pengimbangnya. Lanjut kearah kabin interiornya, tak ubahnya dengan konsep sweety yellow tadi, maka interior pun tetap didominasi dengan warna kuning mentereng dari lapisan kulit MB-Tech mulai dari bagian jok sampai dengan dashboardnya yang dipadu dengan tambahan warna lain seperti, hitam dan putih.

Masih seputar kabin Toyota ist, pemasangan tachometer beserta panel indicator yang berada didashboard juga turut diterapkan oleh pria yang hobi bermain Biliard ini. Bahkan di pilar A nampak berbaris secara vertical indikator-indikator lainya seperti, radiator, oli dan suhu udara.

Beralih kesisi entertaimentnya, David memilih konsep SPL untuk instalasi audio systemnya yang dikerjakan oleh Anas Car Audio. Pemasangan head unit Pioneer, speaker depan, belakang, tengah, subwoofer, capasitor bank dan amplifier dari Agako dirasa cukup mengimbangi tampilan street racing mobilnya ini. “Tidak terlalu wah namun masih enak untuk dinikmati atau didengar itu sudah cukup,” ujar pria berusia 28 tahun ini yang juga termasuk dalam member Drift Modification Community Dumai (DMC).

Keseluruhan total biaya yang dihabiskan untuk mengarap mobil ini memang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil looh….Sekitar Rp 70 jutaan harus dikeluarkan dari dompet David untuk merubah mobil kesayangannya ini menjadi seperti apa yang diinginkannya. Dengan total pengerjaan yang memakan waktu hampir setengah tahun ini dirasa cukup memuaskan, namun untuk kedepannya akan ada beberapa ubahan lainnya untuk makin menyempurnakan tampilan dari “The King Street Racing” ini.


Kebanggan yang disandang David ternyata bukan hanya dirasakan oleh dirinya sendiri, namun juga bagi rekan-rekan komunitas Drift Modification Community Dumai yang jauh-jauh datang untuk mengikuti ajang ini. Apakah ia dan komunitasnya ini juga akan bertandang ke Jakarta untuk final battle nanti, kita nantikan saja langsung di TKP pada Desember mendatang …. 

Data & Fakta ;
Eksterior : bodi kit custom, bumper (depan/belakang) custom, grill custom, headlamp projector/engel eyes/HID, stop lamp HID, rumah modifikasi : Pribadi Car Body Service-Dumai. Interior : jok racing desain, full interior MB-Tech yellow, shif knob-MOMO, panel indikator&pedal set-Razo Racing, rumah modifikasi : Syamsuar Motor-Dumai. Tyers : Pelek – Lowenhard 20”, Ban – Toyo 245/50-R20. Audio : Headunit – Pioneer, speaker (depan,belakang,tengah), subwoofer, amplifier&capasitor bank – AGAKO, peredam-Cekmat, rumah modifikasi : Anas Car Audio.

Teks/foto : *Stan

0 comments:

Post a Comment